Kegiatan Lainnya
 
  • Asesmen Kompetensi; Penyelenggaraaan penilaian kompetensi merupakan salah satu program kegiatan bernilai strategis yang dilakukan oleh Bidang PKKA LAN. Kegiatan penilaian kompetensi ini dimaksud untuk melakukan pemetaan kompetensi dari para assessee. Dengan menggunakan metode assessment center dimana prosesnya sebagaimana dijelaskan tersebut diatas, kegiatan ini memiliki output berupa profil kompetensi dari peserta atau assessee. Adapun peserta dapat berasal dari lingkungan internal Lembaga Administrasi Negara, maupun stakeholders lain yang berasal dari instansi pemerintah pusat maupun daerah.
  • Assessmen Psikologi; Selain assessment kompetensi, Bidang PKKA juga menyelenggarakan kegiatan Assessment Psikologi. Kegiatan ini dimaksudkan untuk mengukur potensi pegawai, dengan menggunakan metode tes psikologi. (sebagai catatan: Dalam pelaksanaannya, kegiatan assessmen kompetensi dan assessment psikologi dapat dilakukan secara terpisah atau digabungkan, tergantung pada tujuan yang ingin dicapainya.)

  • Diklat Assesor; Sesuai dengan visi/Misi Bidang PKKA maka salah satu program yang dikembangkan adalah menyelenggarakan Diklat Assessor. Kegiatan ini dipandang cukup strategis mengingat kemampuan dan kapasitas seorang assessor merupakan unsur penting dalam penyelenggaraan Asssessment Center, dan untuk membangun kemampuan dan kapasitas itu diperlukan diklat yang dapat dipertanggungjawabkan secara akademik dan profesional. Adapun sasaran peserta diklat ini adalah para praktisi dilingkungan organisasi pemerintahan yang memiliki fungsi dan peran dalam pengembangan sumber daya manusia di satuan kerjanya. Penyelenggaraan diklat ini akan bekerjasama dengan pihak-pihak terkait yang dipandang memiliki kapasitas dan kewenangan dalam pengembangan assessor.
  • Advokasi & Konsultasi; Penilaian kompetensi sebagai bagian integral dari manajemen sumber daya manusia berbasis kompetensi selayaknya dijadikan agenda penting dalam peyelenggaraan pemerintahan, baik pusat maupun daerah. Oleh karenanya Bidang PKKA juga meletakkan program advokasi dan konsultasi dalam program kegiatan. Program advokasi dan konsultasi ini difokuskan pada penyusunan standar kompetensi jabatan serta penyelenggaraan penilaian kompetensi aparatur. Melalui advokasi dan konsultasi¬† oleh PKKA yang menggalang keterlibatan unit-unit lain di PKP2A I maka diharapkan pemahaman dan wawasan tentang penyelenggaraan assessment center dapat tersosialisasi dengan baik kepada pemerintah pusat dan daerah secara keseluruhan.