Struktur Organisasi
 

Berdasarkan Peraturan Kepala LAN No. 5 Tahun 2011, Bidang Pemetaan Kompetensi dan Kapasitas Aparatur (PKKA) mempunyai tugas menyelenggarakan perencanaan, pelaksanaan, pengendalian, dan evaluasi penilaian kompetensi dan pengembangan instrumen penilaian kompetensi aparatur. Untuk melaksanakan tugas tersebut, Bidang PKKA menyelenggarakan fungsi:

  1. pelaksanaan perencanaan sistem dan instrumen penilaian kompetensi aparatur;
  2. pelaksanaan penilaian kompetensi aparatur;
  3. pelaksanaan analisa kebutuhan pelaksanaan penilaian kompetensi;
  4. pelaksanaan pengendalian dan evaluasi penilaian kompetensi aparatur;
  5. pelaksanaan pengolahan data dan informasi hasil penilaian pemetaan kompetensi dan kapasitas aparatur;
  6. penyusunan laporan hasil penilaian pemetaan kompetensi dan kapasitas aparatur;
  7. pemberian bimbingan terhadap kelompok jabatan fungsional di lingkungannya;
  8. pelaksanaan tugas lain yang terkait, yang ditetapkan oleh Kepala LAN.


Susunan organisasi Bidang PKKA terdiri dari 3 (tiga) Sub Bidang, yaitu:

  • Sub Bidang Pengembangan Instrumen, yang mempunyai tugas penyiapan bahan perencanaan sistem dan instrumen penilaian kompetensi aparatur;
  • Sub Bidang Penyelenggaraan dan Penilaian, yang mempunyai tugas penyiapan analisa kebutuhan, pelaksanaan, serta pengendalian dan evaluasi penilaian kompetensi aparatur; dan
  • Sub Bidang Dokumentasi dan Informasi Hasil Penilaian, yang mempunyai tugas  penyiapan pengolahan data dan informasi hasil penilaian kompetensi aparatur.

 

Layanan yang tersedia pada unit assessment adalah:

  • Assessment Kandidat Pejabat Struktural
  • Pemetaan Kompetensi Pejabat Struktural
  • Assessment Kompetensi Jabatan Fungsional Widyaiswara
  • Assessment Kompetensi sebagai dasar Analisis Kebutuhan Diklat
  • Pelatihan dan Pengembangan Assessor
  • Membantu proses manajemen PNS berbasis kompetensi
  • Advokasi penerapan Assessment Center di Instansi Pemerintah