FAQ
 

1. Apakah manfaat atau tujuan dari assessment center dalam proses penilaian kompetensi?

Metode Assessment Center bermanfaat untuk pemetaan kompetensi. Hasilnya berupa profil atau gambaran kompetensi seseorang yang dapat digunakan sebagai dasar untuk proses seleksi, promosi, mutasi, pengembangan karir atau perencanaan karir.

2. Sebutkan Karakteristik Metode Assessment Center untuk Penilaian Kompetensi!

Prosess penilaian kompetensi dengan metode Assessment Center menggunakan banyak simulasi (multisimulasi), proses observasinya melibatkan beberapa assessor (multiassessor) dan dicirikan dengan proses assessmennya tidak bisa sendiri (multi assessee) karena simulasinya berkelompok

3. Apakah Keunggulan Metode Assessment Center untuk Penilaian Kompetensi?

Kegiatan penilaian kompetensi yang menggunakan metode assessment center dapat memprediksi kompetensi secara reliable dan akurat.?Metode ini mampu memberikan informasi atas perilaku assessee secara objective dan terukur sehingga data dapat digunakan untuk seleksi, promosi, mutasi dan pengembangan pegawai.

4. Apa bedanya Assessment Kompetensi dengan Assessment Psikologi?

Perbedaannya terletak pada maksud atau tujuan, metode yang digunakan, serta output atau hasilnya. Assessment kompetensi dimaksudkan untuk memetakan kompetensi, dengan menggunakan metode assessment center, yang menggunakan beberapa simulasi (multisimulasi) dimana 1 (satu) assessee diobservasi oleh beberapa assessor (multiassessor). Output dari kegiatan assessment kompetensi berupa gambaran atau profil kompetensi dari pegawai yang diassess atau disebut dengan assessee. Sementara itu, assessment psikologi bertujuan untuk memetakan potensi seseorang. Dengan menggunakan metode psikotest, assessment psikologi menghasilkan output berupa psikogram dan gambaran dinamika kepribadian seseorang.

5. Apakah yang dimaksud dengan quasi assessment?

Quasi assessment adalah proses assessment yang lebih sederhana, hanya menggunakan beberapa simulasi yang mendukung kompetensi yang diukur.

6. Bagaimana proses pengajuan kerjasama dengan Assessment Center LAN?

  • Stakeholders mengajukan surat permohonan penyelenggaraan penilaian Kompetensi kepada Pihak Assessment Center LAN dengan menghubungi Dewi 087823234025.
  • Pihak PKKA dan Stakeholders mendiskusikan rencana kegiatan penyelenggaraan penilaian kompetensi disesuaikan dengan kebutuhan stakeholders, sekaligus mendiskusikan tentang jadwal pelaksanaan, mekanisme pembiayaan, persyaratan administratif yang diperlukan dan keperluan teknis operasional lainnya.
  • Stakeholders menindaklanjuti dengan menyusun MoU ditujukan kepada Kepala PKP2A I LAN.
  • Kepala PKP2A I LAN memeriksa pengajuan Penyelenggaraan penilaian potensi dan Kompetensi, Jika tidak sesuai dengan aturan yang berlaku, maka dikembalikan untuk diperbaiki, jika sudah sesuai dengan peraturan maka diteruskan ke Kabid PKKA.
  • Stakeholder membuat MoU sesuai kesepakatan dan menandatangani atas nama pimpinan tertinggi atau pimpinan instansi yang ditunjuk, dan Kepala PKP2A I LAN  ikut menandatangani MoU