Sekilas Bidang PKKA
 

Sumber daya manusia (Aparatur) yang profesional merupakan salah satu prasyarat untuk mewujudkan kepemerintahan yang baik (good governance). Profesionalitas aparatur tersebut tercerminkan dari kompetensi yang dimiliki oleh setiap aparatur. Oleh karenanya, aparatur yang memiliki kompetensi yang sesuai dengan bidang pekerjaannya akan memberikan kontribusi terhadap kinerja organisasi sehingga pada akhirnya diharapkan VISI/MISI yang ditetapkan oleh setiap organisasi dapat dicapai secara efektif.

Urgensi dari profesionalitas Aparatur inilah yang memicu dan memacu Lembaga Administrasi Negara (LAN) untuk melakukan perbaikan dan pengembangan secara terus menerus (continuous improvement) dalam berbagai dimensi kesisteman guna meningkatkan kualitas sumber daya aparatur yang merupakan salah satu tugas dan fungsi LAN. Adapun salah satu upaya perbaikan dan pengembangan tersebut adalah dengan membentuk unit organisasi yang secara khusus memiliki tugas/fungsi dalam bidang kompetensi dan kapasitas aparatur, dengan nomenklatur unit organisasi yaitu Bidang Pemetaan Kompetensi dan Kapasitas Aparatur (PKKA).

Bidang PKKA dibentuk berdasarkan Peraturan Kepala Lembaga Administrasi Negara No. 5 Tahun 2011 tentang Perubahan Atas Keputusan Kepala Lembaga Administrasi Negara No. 4 Tahun 2004 Tentang Organisasi dan Tata Kerja Lembaga Administrasi Negara sebagaimana telah beberapa kali diubah terakhir dengan Peraturan Kepala Lembaga Administrasi Negara No. 2 Tahun 2009. Adapun tugas pokok Bidang PKKA adalah “menyelenggarakan perencanaan, pelaksanaan, pengendalian,dan evaluasi penilaian kompetensi dan pengembangan instrumen penilaian kompetensi aparatur.”